MENGINAP DI DESA TRADISIONAL PENGLIPURAN

“Tinggal dengan Orang Lokal adalah Cara Terbaik untuk Memahami Budaya Asli”

Program Homestay merupakan salah satu dedikasi Baliedu tours and Travel yang semata-mata untuk membantu memasarkan beberapa homestay (penginapan milik penduduk lokal). Beberapa homestay tidak memiliki website dan juga memiliki keterbatasan dalam pemasaran. Ini adalah salah satu bentuk usaha Kami untuk membantu usaha lokal agar tetap stabil dan tidak beralih fungsi. 

PENGLIPURAN merupakan salah satu Desa Tradisional yang ada di Bali. Kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Desa Penglipuran yang masih tetap di jaga membuat Desa ini menjadi Desa yang unik dibandingkan dengan desa-desa lainnya yang ada di Bali. Desa ini tertata rapi dan bersih. Pura utama berasa di Utara dan di selatan adalah rumah-rumah penduduk yangberjumlah 76 rumah dengan bangunan dan arsitektur yang sama. Masing-masing petak pekarangan terdiri dari ‘bale dangin’, ‘bale daja’, bale dauh, dapur dan pekarangan Pura keluarga.

Yang lebih khas lagi dari bangunan di Desa Penglipuran adalah atap bambu. Beberapa bangunan yang ada masih dipertahankan dengan menggunakan atap bambu. Tetapi keseragaman yang paling khas adalah terletak pada gapuranya. Bentuk gapura yang sama dan menggunakan atap bambu.

Aturan di Desa ini juga mewajibkan setiap rumah untuk memiliki pintu koneksi antara rumah yang satu dengan lainnya, hal ini untuk menjaga kedekatan dan keharmonisan masyarakat Desa.

Desa Penglipuran juga memiliki hutan bambu yang tetap dijaga keberadaannya. bambu-bambu ini digunakan oleh masyarakat untuk melengkapi sarana upacara.

Menginap di Desa Penglipuran akan menambah pengalaman tersendiri buat Anda. Anda akan berbaur langsung dan menjadi bagian masyarakat Desa. Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Desa tersebut antara lain:

1. Trekking di desa dan hutan bambu dengan ditemani oleh masyarakat, mengenal beberapa jenis bambu yang ada di Desa tersebut dan penggunaannya

2. Belajar membuat kerajinan dan anyaman dari bambu

3. Belajar memasak masakan khas Penglipuran dengan ditemani oleh salah satu ibu dari Desa Penglipuran

4. Belajar membuat minuman khas Desa Penglipuran ” Loloh Cemcem”

50

HARGA SUDAH TERMASUK HARGA BELUM TERMASUK YANG HARUS DIBAWA
-Sarapan untuk 2 orang – Antar Jemput menuju homestay – Uang untuk makan dan aktifitas tambahan
– aktifitas selama menginap (disarankan booking terlebih dahulu)